Firman M. Susena – Information Technology 2005

Pada dasarnya mendapatkan ilmu bisa dari berbagai macam cara, tempat, dan waktu. Menurut Firman, alumni IT 2005, SGU adalah salah satu tempat yang baik untuk mendapatkan ilmu. Ketika awal mula memasuki dunia professional, Firman menyadari ada banyak hal yang terjadi didunia professional sebenarnya bisa dilihat dan dipelajari langsung dari para dosen di SGU. Adapun hal tersebut adalah cara berpikir, menganalisa dan berkomunikasi secara professional. SGU baginya merupakan paket lengkap untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia professional dengan tingkat kualitas internasional.

Sebagai head of Technical Compliance Solution di PT Q2 Technologies, hal yang dipelajarinya dari dosen pengajar di SGU diakui Firman membantu dalam karirnya saat ini.

Hal yang menarik dari SGU yakni adanya program magang bagi mahasiswa. Firman mengungkapkan pada saat semester 6 Ia berkesempatan magang di perusahaan penyedia jasa AntiSpam (www.antispameurope.com) yang terletak di kota Hannover Jerman. Jobdesk nya yakni sebagai application engineer yang diberikan tugas melakukan enhancement pada aplikasi dashboard yang memuat informasi-informasi penting yang akan digunakan oleh Client perusahaan tempatnya magang.

“Ini negara pertama yang saya datangi. Tentu perbedaan budaya, aturan dan bahasa menjadi tantangan tersendiri yang menjadi momen yang tidak terlupakan bagi saya”, ungkap Firman. Lebih lanjut dikatakan bahwa budaya “tepat waktu” orang Jerman dalam berbagai hal, yang kemudian diterapkan Firman dalam dunia profesionalnya yang Ia lakukan.

Firman berpesan kepada adik-adik tingkatnya untuk selalu menggunakan waktu selama studi di SGU dengan sebaik-baiknya dengan memperbanyak ilmu dan teman. Karena dua hal itu akan sangat membantu pada saat menginjakkan kaki di dunia professional.